TUJUAN MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS(MPLB)
- Menghasilkan Lulusan yang memiliki ketrampilan mengetik sistem 10 jari buta, untuk mengerjakan tugas secara cepat tanpa harus melihat keyboard. Kemampuan ini menjadi keunggulan tersendiri bagi Program Keahlian MPLB
- Menghasilkan Lulusan yang memiliki kemampuan berkomunikasi, baik lisan maupun tertulis terhadap relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat
- Menghasilkan Lulusan yang memiliki kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien;
- Menghasilkan Lulusan yang memiliki kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya;
- Menghasilkan Lulusan yang memiliki kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga;
- Menghasilkan Lulusan yang mampu memberikan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak;
- Menghasilkan Lulusan yang memiliki kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.
- Menghasilkan Lulusan yang sejalan dengan kebutuhan dunia kerja di bidang perkantoran, industri dan pasar serta dunia usaha pada
- Menghasilkan Lulusan yang memiliki jati diri sebagai entrepreneurship dan keunggulan kompetitif di pasar nasional dan Global
STRUKTUR ORGANISASI MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS(MPLB)
Ketua Jurusan : Dra. Eva. V.V. Panjaitan
Guru Pengajar :
- X MPLB 1 : NH
- X MPLB 2 : SUS
- XI MPLB 1 : TDS
- XI MPLB 2 : AT
- XII MPLB 1 : MSI
- XII MPLB 2 : RSH
Peluang Atau Prospek Kerja MPLB
- Resepsionis
Peluang kerja pertama yang bisa dilakukan oleh lulusan administrasi perkantoran adalah menjadi Recepsionis terlebih bagi yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, bisa menjadi resepsionis hotel, perusahaan dan lain – lain karena setiap perusahaan yang bergerak di bidang apapun pasti akan membutuhkan posisi resepsionis untuk menjadi bagian front office perusahaan mereka.
2.Sekretaris
Prospek kerja berikutnya yang bisa dilakukan oleh jurusan administrasi perkantoran adalah menjadi seorang sekretaris. Tugas utama seorang sekretaris ialah untuk memfilter informasi yang berkaitan dengan bisnis perusahaan bagi pimpinan serta menjadi media perekam, penyimpan, dan pengingat kegiatan atasan di perusahaan.
3. Staff Administrasi
Peluang kerja berikutnya yang bisa didapat sebagai lulusan administrasi perkantoran adalah menjadi staff administrasi. Tugas utama seorang staff administrasi adalah untuk melakukan berbagai pelayanan kantor yang berkaitan dengan administrasi untuk mendukung kelancaran operasional perusahan.
4. Asisten Sekretaris
Untuk peluang atau prospek kerja Administrasi Perkantoran berikutnya adalah menjadi asisten sekretaris. Tidak hanya dapat menjadi sekretaris , tetapi bisa juga menjadi asisten sekretaris. Sebagai seorang asisten sekretaris, tugasnya adalah untuk menerima berbagai panggilan telepon dan jadwal pertemuan pimpinan serta mengatur jadwal pertemuan, konferensi, hingga pemesanan perjalanan untuk para staff kantor.
5. Staff Personalia
Peluang kerja berikutnya yang dapat dilakukan sebagai lulusan administrasi perkantoran adalah menjadi staff personalia. Jabatan staff personalia berbeda dengan HRD. Staff personalia lebih banyak bertugas dan bertanggung jawab untuk hal-hal seperti database karyawan, payroll, atau pembayaran pembayaran lainnya. Staff personalia juga bertugas untuk mengelola hal-hal seperti absensi karyawan, pinjaman karyawan, atau pencatatan cuti tahunan setiap karyawan.
6.Event Organizer
Peluang Kerja selanjutnya yang bisa dilakukan sebagai lulusan administrasi perkantoran adalah menjadi event organizer. Saat ini industry event sedang berkembang dengan pesat seiring dengan kebutuhan hiburan para masyarakat urban. Hal ini terlihat dari banyaknya event-event atau kegiatan yang digelar di berbagai lokasi hampir setiap akhir pekan. Untuk membuat acara lancar dijalankan maka administrasi perkantoran sangat diperlukan dalam hal-hal yang berkaitan dengan administrasi.
7.Staff Operasional Pameran
Salah satu jenis event yang cukup banyak digelar di setiap akhir pekan adalah event- event pameran, baik itu pameran mobil, pameran pernikahan, pameran busana, ataupun pameran-pameran lainnya. Sebagai lulusan administrasi perkantoran, peluang kerja berikutnya yang dapat diperoleh adalah menjadi staff operasional pameran. tempat kerja untuk menjaga kelancaran acara atau pameran.
8.Personal Assistant
Prospek kerja berikutnya yang dapat dilakukan oleh lulusan perkantoran adalah sebagai personal assistant. Jasa personal assistant banyak dibutuhkan oleh orang- orang penting atau yang memiliki tingkat kesibukan tinggi yang membutuhkan personal assistant untuk membantu pekerjaan atau kegiatannya. Sebagai personal assistant, akan mengikuti seluruh kegiatan orang tersebut dan membantu segala hal yang diperlukannya.
9.Seksi Hubungan Massa
Peluang kerja berikutnya yang dapat dilakukan oleh lulusan perkantoran adalah sebagai seksi hubungan massa. Pekerjaan ini adalah untuk menjembatani komunikasi antar perusahaan tempat bekerja dengan dunia luar.
10. Sebagai Wirausahawan
Sebagai lulusan perkantoran yang sudah dibekali dengan materi kewirausahaan agar memiliki jiwa entrepreneurship, diharapkan siswa mampu untuk menciptakan lapangan kerja sendiri,
Nilai-nilai : Taqwa-Disiplin-Jujur-Kreatif-Inovatif-Mandiri
Target:
SMK Negeri 1 Sidikalang mempunyai target dan goal kepada para lulusan untuk siap menghadapi tuntutan zaman baik yang meneruskan ke perguruan tinggi (kuliah), bekerja di berbagai bidang sesuai kebutuhan, memiliki karakter, dan mampu menciptakan pekerjaan sendiri sesuai dengan keahlian masing-masing (wirausaha).
- 80 % tamatan terserap di Dunia Kerja (bekerja dan berwirausaha) dan 20% melanjutkan ke perguruan tinggi
- Menjadi SMK Pusat Keunggulan sektor Hospitality tahun 2021
- Menjadi sekolah sehat dan berbudaya industri pada tahun 2024
- Memberikan kepuasan 100% kepada pelanggan
- Memiliki kerjasama internasional dengan 5 negara pada bidang akademik dan non akademik
1.Penetapan Konsentrasi
SMK Negeri 1 Sidikalang membukan 3 konsentrasi pada Program keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis, diantaranya (1) Pengelolaan Dokumen Kantor, (2) Melakukan Komunikasi di Tempat Kerja, dan (3) Memberikan Layanan Prima. Penerapan ini dilakukan mengingat zaman sudah banyak mengalami perubahan dan pembaharuan. Program Merdeka Belajar yang diluncurkan oleh Kementerian Pendikan Nasional menuntut sekolah untuk melakukan perubahan, terobosan dan inovasi dalam pengorganisasian pelaksanaan pembelajaran agar dapat menciptakan peserta didik dan lulusan yang kompeten di bidangnya.Pemilihan konsentrasi didasarkan pada minat dan bakat atau passion peserta didik, setelah memiliki pengalaman belajar pada fase E (kelas X), sehingga peserta didik diharapkan benar-benar telah memahami secara mendalam ruang lingkup masing-masing konsentrasi yang akan dipilihnya.Sekolah melalui wali kelas, Guru produktif, dan Guru BK dapat memberikan saran kepada peserta didik atas pilihannya, berdasarkan dari pengamatan terhadap portofolio peserta didik selama mengikuti pembelajaran pada fase E (kelas X).Seluruh mata pelajaran yang ditawarkan dalam konsentrasi dikemas dalam bentuk Capaian Pembelajaran (CP) yang disusun oleh guru produktif. CP diterjemahkan ke dalam Alur Tujuan Pembelajaran, kemudia dituangkan dalam modul ajar. Capaian hasil pembelajaran dapat berupa portofolio sebagai bentuk dari assessmen.
2.Konsentrasi Keahlian
MATA PELAJARAN | KELAS
X XI |
||||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti: | 3 | 3 | 3 | 3 |
2 | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | 2 |
3 | Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 3 | 3 |
4 | Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 3 | 3 | 2 | 2 |
5 | Sejarah | 2 | 2 | 2 | 2 |
6 | Seni | 2 | 2 | – | – |
Jumlah A | 16 | 16 | 12 | 12 | |
1 | Matematika | 4 | 4 | 3 | 3 |
2 | Bahasa Inggris | 4 | 4 | 4 | 4 |
3 | Informatika | 4 | 4 | – | – |
4 | Proyek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial | 6 | 6 | – | – |
5 | Kejuruan | – | – | 18 | 18 |
a.Dasar-dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis | 12 | 12 | – | – | |
b.Konsentrasi Keahlian Staf Administrasi Kantor | |||||
1) Pengelolaan Dokumen Kantor | – | – | 4 | 4 | |
2) Melakukan Komunikasi di tempat Kerja | – | – | 4 | 4 | |
3) Penyusunan Agenda Kerja dan Agenda Perjalalan Dinas Pimpinan | – | – | 3 | 3 | |
4) Memberikan pelayanan prima | 4 | 4 | |||
5) Membantu pengelolaan kas kecil | 3 | 3 | |||
6 | Proyek Kreatif dan Kewirausahaan | – | – | 5 | 5 |
7 | Praktik Kerja Lapangan | – | – | – | – |
8 | Mata Pelajaran Pilihan | – | – | 4 | 4 |
Muatan Lokal | (2) | (2) | (2) | (2) | |
Jumlah B | 30 | 30 | 34 | 34 | |
Total | 46 | 46 | 46 | 46 |
PROGRAM KERJA
KEPALA PROGRAM MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS
SMK NEGERI 1 SIDIKALANG
TAHUN PELAJARAN 2023/2024
NO. | JENIS KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | INDIKATOR KEBERHASILAN | SUMBER DAYA | PELAKSANAAN BULANAN | |||||||||||
7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | ||||||
1 | Membuat Program Kerja | Agar kegiatan sesuai dg program | Mengetahui kegiatan yg akan dilakukan | Adanya program kerja | Kaprog | ||||||||||||
2 | Mendata jumlah siswa program MPLB | Agar dapat mengetahui jumlah siswa di jurusan | Mengetahui total jumlah siswa di jurusan | Adanya data siswa | Wali kelas | ||||||||||||
3 | Mendata guru yg mengajar di prog. Keahlian AP | Agar mengetahui guru yg tersedia | Guru program diklat di prog.AP | Adanya data jumlah guru program diklat di prog.AP | PKS Kur. | ||||||||||||
4 | Mendata pelajaran untuk prog. Keahlian MPLB | Agar program kurikulum di kelas dapat dilaksanakan | Mengetahui program diklat diterapkan di prog.MPLB | Adanya data program diklat di jurusan | PKS Kur. | ||||||||||||
5 | Membuat struktur organisasi program keahlian MPLB | Agar mengetahui tugas dan tanggung jawab | Masing-masing guru dapat melaksanakan wewenang sesuai jabatan | Adanya struktur yang jelas di jurusan | PKS Kur. | ||||||||||||
6 | Menganalisis kebutuhan peralatan/sarana praktek program keahlian MPLB | Agar diketahui peralatan praktek | Untuk mengetahui kebutuhan praktek | Adanya data jumlah kebutuhan peralatan dan praktek | Kaprog | ||||||||||||
7 | Pengadaan perangkat pembelajaran produktif di ruang program keahlian | Agar proses belajar mengajar lancar | Adanya perangkat pembelajaran oleh guru ybs dan tersedia di ruang program | Tersedianya perangkat pembelajaran di ruang program keahlian | Guru produktif Kaprog | ||||||||||||
8 | Membuat peraturan/tata tertib siswa di jurusan | Agar siswa lebih terkoordinir atau terkontrol | Membuat siswa disiplin | Siswa taat/patuh pada peraturan | Guru2 Wali kelas Kaprog | ||||||||||||
9 | Membantu pelaksanaan dan pengembangan prakerin | Agar siswa dapat ditempatkan sesuai keahliannya | Mengetahui sistem di DU/DI | Siswa dapat menerapkan sistem adm. di DU/DI | Koordinator Prakerin | ||||||||||||
10 | Mengikut sertakan siswa program MPLB bertanding LKS | Agar siswa dapat bersaing dengan sekolah lain di tingkat kabupaten, propinsi dan nasional | Mempersiapkan tenaga administrasi yang handal | Siswa dapat menyelesaikan pekerjaan sekretaris dengan baik, dan siswa memperoleh sertifikat LKS | Kepsek PKS Dinas Pendidikan Kaprog Guru produktif | ||||||||||||
11 | Mempersiapkan/melaksanakan Uji Kompetensi | Agar siswa mampu mengikuti ujian praktek dengan baik | Mempersiapkan lulusan yang kompeten sebagai tenaga administrasi | Siswa mampu menyelesaikan tugas praktek dan memperoleh nilai kompeten sebagai sekretaris | Kepsek PKS Guru produktif | ||||||||||||
12 | Mempersiapkan/membantu pelaksanaan Ujian Nasional | Agar siswa dapat dan mampu menyelesaikan soal UN dengan hasil yang baik | Mempersiapkan siswa yang menguasai materi UN | Siswa lulus dan memperoleh nilai UN yang tinggi | Kepsek PKS Guru produktif | ||||||||||||
13 | Mempersiapkan/membantu penerimaan siswa baru | Agar diperoleh lulusan SLTP yang berprestasi baik | Memperoleh siswa baru yang berprestasi | Diperoleh siswa yang berprestasi dan berbakat di bidang perkantoran | PKS Kesiswaan | ||||||||||||
14 | Mengevaluasi program | Agar dapat mengetahui program yang terealisir | Mengetahui keberhasilan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan program | Adanya data keberhasilan pelaksanaan program | Kepsek Kaprog |