MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS(MPLB)

TUJUAN MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS(MPLB)

  1. Menghasilkan Lulusan yang memiliki ketrampilan mengetik sistem 10 jari buta, untuk mengerjakan tugas secara cepat tanpa harus melihat keyboard. Kemampuan ini menjadi keunggulan tersendiri bagi Program Keahlian MPLB
  2. Menghasilkan Lulusan yang memiliki kemampuan berkomunikasi, baik lisan maupun tertulis terhadap relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat
  3. Menghasilkan Lulusan yang memiliki kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien;
  4. Menghasilkan Lulusan yang memiliki kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya;
  5. Menghasilkan Lulusan yang memiliki kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga;
  6. Menghasilkan Lulusan yang mampu memberikan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak;
  7. Menghasilkan Lulusan yang memiliki kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan  dipertanggungjawabkan.
  8. Menghasilkan Lulusan yang sejalan dengan kebutuhan dunia kerja di bidang perkantoran, industri dan pasar serta dunia usaha pada
  9. Menghasilkan Lulusan yang memiliki jati diri sebagai entrepreneurship dan keunggulan kompetitif di pasar nasional dan Global

STRUKTUR ORGANISASI MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS(MPLB)

Ketua Jurusan    : Dra. Eva. V.V. Panjaitan
Guru Pengajar    :

  1. X MPLB 1 : NH
  2. X MPLB 2 : SUS
  3. XI MPLB 1 : TDS
  4. XI MPLB 2 : AT
  5. XII MPLB 1 : MSI
  6. XII MPLB 2 : RSH

Peluang Atau Prospek Kerja MPLB

  1. Resepsionis

Peluang kerja pertama yang bisa dilakukan oleh lulusan administrasi perkantoran adalah menjadi Recepsionis terlebih bagi yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, bisa menjadi resepsionis hotel, perusahaan dan lain – lain karena setiap perusahaan yang bergerak di bidang apapun pasti akan membutuhkan posisi resepsionis untuk menjadi bagian front office perusahaan mereka.

2.Sekretaris

Prospek kerja berikutnya yang bisa dilakukan oleh jurusan administrasi perkantoran adalah menjadi seorang sekretaris. Tugas utama seorang sekretaris ialah untuk memfilter informasi yang berkaitan dengan bisnis perusahaan bagi pimpinan serta menjadi media perekam, penyimpan, dan pengingat kegiatan atasan di perusahaan.

3. Staff Administrasi

Peluang kerja berikutnya yang bisa didapat sebagai lulusan administrasi perkantoran adalah menjadi staff administrasi. Tugas utama seorang staff administrasi adalah untuk melakukan berbagai pelayanan kantor yang berkaitan dengan administrasi untuk mendukung kelancaran operasional perusahan.

4. Asisten Sekretaris

Untuk peluang atau prospek kerja Administrasi Perkantoran berikutnya adalah menjadi asisten sekretaris. Tidak hanya dapat menjadi sekretaris , tetapi bisa juga menjadi asisten sekretaris. Sebagai seorang asisten sekretaris, tugasnya adalah untuk menerima berbagai panggilan telepon dan jadwal pertemuan pimpinan serta mengatur jadwal pertemuan, konferensi, hingga pemesanan perjalanan untuk para staff kantor.

5. Staff Personalia

Peluang kerja berikutnya yang dapat dilakukan sebagai lulusan administrasi perkantoran adalah menjadi staff personalia. Jabatan staff personalia berbeda dengan HRD. Staff personalia lebih banyak bertugas dan bertanggung jawab untuk hal-hal seperti database karyawan, payroll, atau pembayaran pembayaran lainnya. Staff personalia juga bertugas untuk mengelola hal-hal seperti absensi karyawan, pinjaman karyawan, atau pencatatan cuti tahunan setiap karyawan.

6.Event Organizer 

Peluang Kerja selanjutnya yang bisa dilakukan sebagai lulusan administrasi perkantoran adalah menjadi event organizer. Saat ini industry event sedang berkembang dengan pesat seiring dengan kebutuhan hiburan para masyarakat urban. Hal ini terlihat dari banyaknya event-event atau kegiatan yang digelar di berbagai lokasi hampir setiap akhir pekan. Untuk membuat acara lancar dijalankan maka administrasi perkantoran sangat diperlukan dalam hal-hal yang berkaitan dengan administrasi.

7.Staff Operasional Pameran

Salah satu jenis event yang cukup banyak digelar di setiap akhir pekan adalah event- event pameran, baik itu pameran mobil, pameran pernikahan, pameran busana, ataupun pameran-pameran lainnya. Sebagai lulusan administrasi perkantoran, peluang kerja berikutnya yang dapat diperoleh adalah menjadi staff operasional pameran. tempat kerja untuk menjaga kelancaran acara atau pameran.

8.Personal Assistant

Prospek kerja berikutnya yang dapat dilakukan oleh lulusan perkantoran adalah sebagai personal assistant. Jasa personal assistant banyak dibutuhkan oleh orang- orang penting atau yang memiliki tingkat kesibukan tinggi yang membutuhkan personal assistant untuk membantu pekerjaan atau kegiatannya. Sebagai personal assistant, akan mengikuti seluruh kegiatan orang tersebut dan membantu segala hal yang diperlukannya.

9.Seksi Hubungan Massa

Peluang kerja berikutnya yang dapat dilakukan oleh lulusan perkantoran adalah sebagai seksi hubungan massa. Pekerjaan ini adalah untuk menjembatani komunikasi antar perusahaan tempat bekerja dengan dunia luar.

10. Sebagai Wirausahawan

Sebagai lulusan perkantoran yang sudah dibekali dengan materi kewirausahaan agar memiliki jiwa entrepreneurship, diharapkan siswa mampu untuk menciptakan lapangan kerja sendiri,

Nilai-nilai : Taqwa-Disiplin-Jujur-Kreatif-Inovatif-Mandiri

Target:

SMK Negeri 1 Sidikalang mempunyai target dan goal kepada para lulusan untuk siap menghadapi tuntutan zaman baik yang meneruskan ke perguruan tinggi (kuliah), bekerja di berbagai bidang sesuai kebutuhan, memiliki karakter, dan mampu menciptakan pekerjaan sendiri sesuai dengan keahlian masing-masing (wirausaha).

  1. 80 % tamatan terserap di Dunia Kerja (bekerja dan berwirausaha) dan 20% melanjutkan ke perguruan tinggi
  2. Menjadi SMK Pusat Keunggulan sektor Hospitality tahun 2021
  3. Menjadi sekolah sehat dan berbudaya industri pada tahun 2024
  4. Memberikan kepuasan 100% kepada pelanggan
  5. Memiliki kerjasama internasional dengan 5 negara pada bidang akademik dan non akademik

1.Penetapan Konsentrasi

SMK Negeri 1 Sidikalang membukan 3 konsentrasi pada Program keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis, diantaranya (1) Pengelolaan Dokumen Kantor, (2) Melakukan Komunikasi di Tempat Kerja, dan (3) Memberikan Layanan Prima. Penerapan ini dilakukan mengingat zaman sudah banyak mengalami perubahan dan pembaharuan. Program Merdeka Belajar yang diluncurkan oleh Kementerian Pendikan Nasional menuntut sekolah untuk melakukan perubahan, terobosan dan inovasi dalam pengorganisasian pelaksanaan pembelajaran agar dapat menciptakan peserta didik dan lulusan yang kompeten di bidangnya.Pemilihan konsentrasi didasarkan pada minat dan bakat atau passion peserta didik, setelah memiliki pengalaman belajar pada fase E (kelas X), sehingga peserta didik diharapkan benar-benar telah memahami secara mendalam ruang lingkup masing-masing konsentrasi yang akan dipilihnya.Sekolah melalui wali kelas, Guru produktif, dan Guru BK dapat memberikan saran kepada peserta didik atas pilihannya, berdasarkan dari pengamatan terhadap portofolio peserta didik selama mengikuti pembelajaran pada fase E (kelas X).Seluruh mata pelajaran yang ditawarkan dalam konsentrasi dikemas dalam bentuk Capaian Pembelajaran (CP) yang disusun oleh guru produktif. CP diterjemahkan ke dalam Alur Tujuan Pembelajaran, kemudia dituangkan dalam modul ajar. Capaian hasil pembelajaran dapat berupa portofolio sebagai bentuk dari assessmen.

2.Konsentrasi Keahlian 

MATA PELAJARAN KELAS

X                    XI

   
  1 2 3 4
1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti: 3 3 3 3
2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 2 2 2
3 Bahasa Indonesia 4 4 3 3
4 Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 3 3 2 2
5 Sejarah 2 2 2 2
6 Seni 2 2
Jumlah A 16 16 12 12
1 Matematika 4 4 3 3
2 Bahasa Inggris 4 4 4 4
3 Informatika 4 4
4 Proyek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial 6 6
5 Kejuruan 18 18
  a.Dasar-dasar    Manajemen    Perkantoran    dan Layanan Bisnis 12 12
b.Konsentrasi Keahlian Staf Administrasi Kantor        
1) Pengelolaan Dokumen Kantor 4 4
2) Melakukan Komunikasi di tempat Kerja 4 4
3) Penyusunan Agenda Kerja dan Agenda Perjalalan Dinas Pimpinan 3 3
  4) Memberikan pelayanan prima     4 4
  5) Membantu pengelolaan kas kecil     3 3
6 Proyek Kreatif dan Kewirausahaan 5 5
7 Praktik Kerja Lapangan
8 Mata Pelajaran Pilihan 4 4
Muatan Lokal (2) (2) (2) (2)
Jumlah B 30 30 34 34
Total 46 46 46 46

PROGRAM KERJA
KEPALA PROGRAM MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS
SMK NEGERI 1 SIDIKALANG
TAHUN PELAJARAN 2023/2024

NO. JENIS KEGIATAN SASARAN TUJUAN INDIKATOR KEBERHASILAN SUMBER DAYA PELAKSANAAN    BULANAN
7 8 9 10 11 12 1 2 3 4 5 6
1 Membuat Program Kerja Agar kegiatan sesuai dg program Mengetahui kegiatan yg akan dilakukan Adanya program kerja Kaprog
2 Mendata jumlah siswa program MPLB Agar dapat mengetahui jumlah siswa di jurusan Mengetahui total jumlah siswa di jurusan Adanya data siswa Wali kelas
3 Mendata guru yg mengajar di prog. Keahlian AP Agar mengetahui guru yg tersedia Guru program diklat di prog.AP Adanya data jumlah guru program diklat di prog.AP PKS Kur.
4 Mendata pelajaran untuk prog. Keahlian MPLB Agar program kurikulum di kelas dapat dilaksanakan Mengetahui program diklat diterapkan di prog.MPLB Adanya data program diklat di jurusan PKS Kur.
5 Membuat struktur organisasi program keahlian MPLB Agar mengetahui tugas dan tanggung jawab Masing-masing guru dapat melaksanakan wewenang sesuai jabatan Adanya struktur yang jelas di jurusan PKS Kur.
6 Menganalisis kebutuhan peralatan/sarana praktek program keahlian MPLB Agar diketahui peralatan praktek Untuk mengetahui kebutuhan praktek Adanya data jumlah kebutuhan peralatan dan praktek Kaprog
7 Pengadaan perangkat pembelajaran produktif di ruang program keahlian Agar proses belajar mengajar lancar Adanya perangkat pembelajaran oleh guru ybs dan tersedia di ruang program Tersedianya perangkat pembelajaran di ruang program keahlian Guru produktif Kaprog
8 Membuat peraturan/tata tertib siswa di jurusan Agar siswa lebih terkoordinir atau terkontrol Membuat siswa disiplin Siswa taat/patuh pada peraturan Guru2      Wali kelas Kaprog
9 Membantu pelaksanaan dan pengembangan prakerin Agar siswa dapat ditempatkan sesuai keahliannya Mengetahui sistem di DU/DI Siswa dapat menerapkan sistem adm. di DU/DI Koordinator Prakerin
10 Mengikut sertakan siswa program MPLB bertanding LKS Agar siswa dapat bersaing dengan sekolah lain di tingkat kabupaten, propinsi dan nasional Mempersiapkan tenaga administrasi yang handal Siswa dapat menyelesaikan pekerjaan sekretaris dengan baik, dan siswa memperoleh sertifikat LKS Kepsek   PKS      Dinas Pendidikan Kaprog Guru produktif
11 Mempersiapkan/melaksanakan Uji Kompetensi Agar siswa mampu mengikuti ujian praktek dengan baik Mempersiapkan lulusan yang kompeten sebagai tenaga administrasi Siswa mampu menyelesaikan tugas praktek dan memperoleh nilai kompeten sebagai sekretaris Kepsek   PKS        Guru produktif
12 Mempersiapkan/membantu pelaksanaan Ujian Nasional Agar siswa dapat dan mampu menyelesaikan soal UN dengan hasil yang baik Mempersiapkan siswa yang menguasai materi UN Siswa lulus dan memperoleh nilai UN yang tinggi Kepsek   PKS        Guru produktif
13 Mempersiapkan/membantu penerimaan siswa baru Agar diperoleh lulusan SLTP yang berprestasi baik Memperoleh siswa baru yang berprestasi Diperoleh siswa yang berprestasi dan berbakat di bidang perkantoran PKS Kesiswaan
14 Mengevaluasi program Agar dapat mengetahui program yang terealisir Mengetahui keberhasilan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan program Adanya data keberhasilan pelaksanaan program Kepsek  Kaprog